Perbedaan Gitar klasik dan Gitar Steel String

Apa saja sih sebenarnya perbedaan antara gitar klasik dengan gitar steel string? Mungkin ada beberapa dari kita yang masih bingung, so let’s check it out.

Gitar klasik kelihatan seperti ini:

Sedangkan gitar akustik steel string seperti ini:

Ada beberapa perbedaan antara kedua gitar tersebut. Perbedaan utamanya ada pada senar yang digunakan dimana gitar klasik senarnya menggunakan senar yang terbuat dari nylon sehingga secara umum lebih mudah dimainkan. Sedangkan gitar steel string (atau disebut juga plain acoustic guitar) senarnya terbuat dari baja, yang secara umum lebih keras untuk jari Anda dan kadang senar ini dapat melukai jari kita pada saat kita pertama memainkannya dan belum terbiasa. Tetapi setelah kita terbiasa kira-kira dua mingguan berlatih maka kulit jari kita yang biasa menekan senar baja ini akan menebal (kapalan) sehingga tidak jadi masalah lagi memainkan gitar senar baja ini.

Disamping itu karena perbedaan material senarnya, kedua gitar ini memiliki karakteristik suara yang berbeda pula. Gitar klasik lebih cocok digunakan untuk bermain musik klasik atau musik latin (sehingga gitar klasik ini disebut juga gitar spanyol / Spanish Guitar). Sedangkan untuk gitar steel string lebih sesuai untuk jenis musik rock dan country.

Jika kita melihat pada bagian headstock kedua gitar ini terdapat perbedaan bentuk headstock (bagian ujung neck dimana terdapat tuner untuk mengikat senar). Selain itu neck pada gitar klasik lebih lebar daripada neck pada gitar steel string. Hal ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihannya jika anda memiliki jari tangan yang cenderung besar atau gemuk dan Anda membutuhkan ruang yang lebih luas pada fingerboard sehingga Anda bisa nyaman dan mudah memainkan senar, maka gitar klasik cocok bagi Anda, demikian juga sebaliknya. Akan tetapi gitar klasik juga memiliki kekurangan karena beberapa lagu mungkin membutuhkan Anda melakukan stretching atau jangkauan tangan yang luas pada fingerboard sehingga dengan lebarnya neck gitar klasik bisa menjadi masalah untuk melakukan stretching, dan tentu saja berlaku yang sebaliknya pada gitar steel string yang mempunyai neck lebih kecil sehingga lebih mudah bagi jemari Anda menggapai fret demi fret. Akan tetapi gitar steel string dengan neck yang lebih kecil juga menjadi masalah bagi orang yang jarinya besar/gemuk.

Satu hal terakhir yang harus kita ingat adalah ketika Anda mengganti senar gitar Anda, lebih mudah melakukan penggantian senar pada gitar steel string daripada gitar klasik senar nylon. Jika Anda tidak tahu atau kesulitan mengganti senar terutama pada gitar klasik, saya sarankan untuk membawa gitar Anda ke toko gitar dan pihak penjual senar atau toko gitarlah yang akan memasangkan senarnya.

Selamat bermain gitar kesayangan, salam harmony!!